Rabu, 24 Februari 2010

Definsi Ilmu Ekonomi

Definisi Ilmu Ekonomi
Ekonomi atau economic dalam banyak literatur ekonomi disebutkan berasal dari bahasa Yunani yaitu kata “Oikos atau Oiku” dan “Nomos” yang berarti peraturan rumah tangga. Dengan kata lain pengertian ekonomi adalah semua yang menyangkut hal-hal yang berhubungan dengan perikehidupan dalam rumah tangga, tentu saja yang dimaksud dan dalam perkembangannya kata rumah tangga bukan hanya sekedar merujuk pada satu keluarga yang terdiri dari suami, istri, dan anak-anaknya, melainkan juga rumah tangga yang lebih luas yaitu rumah tangga bangsa, Negara dan dunia.
Prof.P.A Samuelson mendefinisikan ilmu ekonomi yang dapat diartikan sebagai berikut :
“Ilmu ekonomi adalah suatu studi bagaimana orang-orang dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumber-sumber daya ynag terbatas tetapi dapat dipergunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa dan mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi, sekarang dan di masa datang, kepada berbagai orang dan golongan masyarakat”.
Sedangkan menurut Sadono Sukirno dalam buku beliau (Sukirno,1990,h.3) menulis bahwa ilmu ekonomi menganalisa biaya dan keuntungan dan memperbaiki corak penggunaan sumber-sumber daya (sumber daya alam dan manusia).
Dengan bahasa yang singkat Mankiw mendefinisikan ilmu ekonomi sebagai “studi tentang bagaimana masyarakat mengelola sumber daya-sumber daya yang selalu terbatas atau langka”.
Adalah tidak bisa dipungkiri bahwa ilmu ekonomi dalam penjelasannya semakin rumit untuk dipahami oleh masyarakat awam, padahal yang paling banyak memahami kebutuhan ekonomi adalah masyarakat awam itu sendiri, sehingga kebanyakan ilmu ekonomi hanya “indah” dalam ruangan kelas dan bagi para pekerja ilmu pengetahuan.

Tidak ada komentar: